Kelanjutan D3 Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) (ex: Analis Kesehatan) ke S1 Biomedik


Halo, gaes… apakah kalian pernah mendengar tentang ATLM?? Atau Biomedik??
Kemudian nyambung ga ya kuliah dari D3 ATLM terus lanjut ke S1 Biomedik?

Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ex. Analis Kesehatan) merupakan multidisiplin ilmu yang menitikberatkan pada ilmu hematologi, bakteriologi, mikrobiologi, parasitologi, imunoserologi, dan kimia terhadap penganalisaan suatu sampel/spesimen/bahan pemeriksaan yang keseluruhan ilmu tersebut diarahkan dalam ruang lingkup kesehatan. Analis Kesehatan juga merupakan profesi yang berhubungan langsung dengan Laboratorium, terutama laboratorium yang menganalisa sampel berupa cairan tubuh.

Sedangkan,

Biomedik merupakan cabang ilmu biologi dalam lingkup kesehatan yang bersifat multidisplin ilmu yang meliputi biologi sel, biokimia, genetika, evolusi, biologi molekuler, anatomi manusia, fisiologi manusia, patofisiologi manusia, bioteknologi, dan bioinformatika. 

Ngomong-ngomong tentang nyambung ga sih? Atau linier ga sih dari D3 ATLM ke S1 Biomedik?

Menurut saya, kelanjutan dari D3 Analis Kesehatan ke S1 Biomedik nyambung alias linier, dalam arti bahwa keilmuan yang dipelajari berkelanjutan dari ilmu yang diperoleh di D3 ATLM, sehingga menurut saya pribadi keilmuan di S1 Biomedik dapat menambah pengetahuan lebih meluas lagi.

Namun, di Indonesia S1 Biologi Medik masih merupakan konsentrasi studi dan masuk dalam Fakultas Biologi, sehingga lulusan dari Biomedik mendapatkan gelar S.Si.

Buat kalian, gaes yang punya cita-cita untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi dari D3, baik melanjut ke D4 atau S1 tetap yakin dan semangat, karena setiap hal yang diniatkan dengan tujuan baik, usaha yang sungguh-sungguh, dan do'a yang terus dipanjatkan, pasti semuanya dapat diraih!


Jangan pernah khawatir atau takut, ketika kalian sudah bekerja di Laboratorium, kalian takut kehilangan pekerjaan karena kalian ingin melanjutkan kuliah, karena modal D3 ATLM dapat masuk dalam beberapa jenis pekerjaan di luar laboratorium.

Dan jangan khawatir atau takut juga jika setelah lulus S1 Biomedik, kalian takut tidak mendapatkan pekerjaan, karena semua kembali pada kalian, karena menurut saya, ketika kita memiliki integritas, semua bisa dilewati, terlebih sekarang ini seiringnya dengan berkembangnya informasi dan teknologi, kebutuhan orang dengan keilmuan yang spesifik dibutuhkan untuk mendapatkan orang yang sesuai dengan bidang yang akan dikerjakan.

Satu dari sekian banyak keuntungan setelah melanjutkan S1 Biomedik adalah kalian bisa melanjutkan lagi kuliah di berbagai Universitas baik di dalam maupun di luar negeri untuk S2, yang secara syarat umum sudah memenuhi (jika syarat tersebut mengharuskan lulus dari jenjang S1 bukan D4). Dan menurut saya, ini adalah merupakan hal yang sangat penting bagi saya saat ini, karena belum banyak Universitas yang menerima D4 untuk dapat melanjutkan di jenjang S2. Tetapi ada juga beberapa Universitas yang menerima jenjang S2 dari D4.

Kalau alasan saya pribadi kenapa pilih lanjut ke S1 Biomedik, karena beberapa alasan, pertama D4 belum buka pas angkatan saya di beberapa POLTEKKES yang saya pengen, kedua sebagai batu loncatan buat S2, dan ketiga pengen aja gitu lanjut ke S1 biar nambah wawasan.

Kalau kalian gimana gaes kira-kira? Apa motivasi kalian? Ada yang sama?

Intinya, ketika kita melakukan pekerjaan diusahakan dengan penuh semangat dan penuh rasa senang biar kita jalaninya enjoy, gaes. Karena ngejalanin kuliah itu ga mudah, lama, banyak keluar tenaga, uang, dan waktu. Jadi, mending mantapkan dalam hati. Jangan lupa tanya ke orang tua, kira-kira gimana pendapatnya? Gimana kedepannya? Izin biar direstui. Insyaallah kalau udah direstui jalannya bakal mudah.

Oke, gaes segitu aja dulu ya pembahasan mengenai kelanjutan Studi dari D3 ATLM ke S1 Biomedik. Semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua ya.. Aamiin..

Comments

  1. Hello, salam kenal.
    Saya mau tanya donk pak, saya lulusan dr d3 analis kesehatan rencananya mau lanjut d4 analis kesehatan juga. Tapi masih ragu2 antara d4 kshtn atau ambil s1biomedik. Tolong arahannya donk pak apa keuntungan/kelebihan/kelemahan dr setiap jurusan tsb . Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Hello, salam kenal.
    Saya mau tanya donk pak, saya lulusan dr d3 analis kesehatan rencananya mau lanjut d4 analis kesehatan juga. Tapi masih ragu2 antara d4 kshtn atau ambil s1biomedik. Tolong arahannya donk pak apa keuntungan/kelebihan/kelemahan dr setiap jurusan tsb . Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Hi, ST.. Terimakasih sudah interest dengan topik tulisan saya.
    Kalau menurut saya, pertama mba ST mantapkan dulu akan ke jalur mana kelanjutan setelah D4/S1. Apakah masih dalam ruang lingkup Lab yang kuat dengan 'vokasi' atau mulai ke arah 'kesarjanaan'.
    Kedua, apakah ada keinginan mba ST untuk lanjut ke S2? Ketiga, apakah keilmuan yang mba ST butuhkan? karena tentunya berbeda antara D4 dan S1.

    Kalau ditanya kelebihan atau kekurangan sebenarnya saya tidak berkenan menjawabnya. Silakan mba ST tafsirkan sendiri.

    Jika mba ST masih ingin menguatkan kompetensi mba dalam jalur profesi, maka pilihlah D4. Karena itu linier dengan D3. Tetapi, hanya beberapa Univ. saja yang menerima yang menerima dari background D4. Seperti, jika mba ST lulusan dari Poltekkes Kemenkes Bandung, mba bisa melanjutkan ke ITB, Fakutas SF, atau secara umum, sekarang UNPAD, Fakultas IKD, peminatan Mikrobiologi mulai menerima background D4. Ada juga, UI pernah menerima dari background D4 untuk melanjutkan ke S2, Fakultas Biomedik, peminatan Transfusi Darah. Selebihnya, untuk Univ. lain belum mengetahui saya, apakah menerima dengan background D4 untuk S2/tidak?

    Jika mba ST ingin beralih dari kelaboratoriuman, biomedik masih 'nyambung' walau tidak linier. Itu yang saya alami, karena saya juga melanjutkan S1 Biologi, peminatan Biomedik. Dan untuk pengetahuan, banyak sekali disiplin ilmu yang dipelajari, terutama Bioinformatika, Genetika, Bioteknologi, Rekayasa Genetika, dsb. yang bisa mengarahkan kita menuju spesialisasi yang mana untuk S2. Dan untuk melanjutkan pun bisa masuk ke Univ. mana pun yang tentunya sesuai dengan background S1. Mungkin itu yang menjadi kemudahan jika lulus dari kesarjanaan.

    Itu untuk dalam negeri

    Tetapi, untuk kuliah S2 di luar negeri tak sedikit juga Univ. yang menerima background D4. Contohnya Wegeningen University, Belanda yang pernah menerima mahasiswa dengan background D4 untuk kuliah S2 disana.
    Jika background S1 menurut saya, baik di dalam maupun diluar negeri masih mudah untuk akses melanjutkan S2.

    Terimakasih, cukup sekian. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat.

    Salam.

    ReplyDelete
  4. Selamat pagi..saya mau tanya s1 biomedik ada dimana saja ya pak?? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  5. Selamat pagi..saya mau tanya s1 biomedik ada dimana saja ya pak?? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. Selamat siang, EP. Mohon maaf baru saya balas.
    Untuk peminatan/konsentrasi biomedik setahu saya ada di Univ. Nasional (Pasar Minggu, Jaksel). peminatan biomedik ini masuk dalam Fakultas Biologi.

    Sama-sama.
    Salam.

    ReplyDelete
  7. Selamat siang, EP. Mohon maaf baru saya balas.
    Untuk peminatan/konsentrasi biomedik setahu saya ada di Univ. Nasional (Pasar Minggu, Jaksel). peminatan biomedik ini masuk dalam Fakultas Biologi.

    Sama-sama.
    Salam.

    ReplyDelete
  8. Selamat pagi pak.mw tanya sdkit.saya sedang bingung mw ambil tubel.krn dr tubel g ada yg dr d3 ke d4.yg bs dr d0/d1/slta atw sederajat ke d4...smntra ini saya bgubg mncr landasan hukum ttg jenjang pendidikan ke S1 yg linear dgn jabatan saya.supya bs ttp naik pangkat dan diakui pemda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, mba W.
      Terimakasih atas pertanyaannya. Mohon maaf, karena saya baru bisa menjawabnya sebulan setelah pertanyaannya diajukan, walaupun sebenarnya sudah saya terima pertanyaan mba ini lewat email sebulan yang lalu.
      Akhirnya, setelah saya mencari informasi untuk memberikan jawaban yang tepat, saya mendapatkan sebuah email dari teman saya, dari Jambi. Bersamaan dengan ini mungkin mba pun sudah mendapatkan jawabannya langsung dari Kemenkes RI.

      Berdasarkan surat edaran dari Kemenkes RI (file akan saya posting di halaman selanjutnya), yang isinya:

      Nomor : DM.01.02/V.2/7582/2016 22 Desember 2016
      Perihal : Tambahan peminatan tugas belajar 2017



      Yang terhormat,
      Calon Peserta Tugas Belajar Kementerian Kesehatan
      Di
      Seluruh Indonesia

      Sehubungan dengan adanya informasi terkait universitas, fakultas yang tidak masuk dalam Surat Edaran Tugas Belajar tahun 2017, akreditasi institusi pendidikan dan juga tidak ada peminatan yang dibuka di Universitas Negeri maka dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

      1. Sehubungan Peminatan elektromedik jenjang D4 di Poltekkes Jakarta II masih terakreditasi C yang sebelumnya tertera dalam surat edaran adalah poltekkes Jakarta II, dirubah menjadi Peminatan Elektromedik Jenjang D4 Poltekkes Surabaya.
      2. Bagi calon peserta dengan profesi analis kesehatan, tenaga transfusi darah serta tenaga farmasi yang peminatannya tidak ada di Universitas Negeri boleh memilih peminatan di
      Universitas swasta sebagai berikut:

      No
      Jenjang
      Prodi
      Peminatan
      Universitas
      1
      S1
      Biologi Medik
      Biologi Medik
      Universitas Nasional
      2
      S1
      Farmasi
      Farmasi
      Institus Sains dan
      Teknologi

      3. Selain yang tertera dalam surat edaran, calon peserta tugas belajar yang berminat melanjutkan jenjang S1 Keperawatan/ program profesi ners dapat memilih di Universitas Andalas, kami telah bekerjasama dengan Universitas Andalas dalam penyelenggaraan tugas belajar.
      4. Calon peserta tugas belajar yang memilih jenjang S1 yang berasal dari D3 dapat memilih universitas lainnya selain yang tertera dalam Surat Edaran Tubel 2017 dengan ketentuan universitas negeri dan akreditasi prodi minimal B.
      5. Calon peserta yang akan melanjutkan jenjang Magister Terapan Kebidanan, Keperawatan, Teknik Imejing Diagnostik dan Terapis Gigi dan Mulut dapat memilih peminatan tersebut di Politeknik Kesehatan Semarang Kementerian Kesehatan RI.

      Demikian yang dapat disampaikan atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

      *Catatan: mungkin dalam hal ini ada sedikit kekeliruan mengenai isi surat edaran tersebut, karena Prodi Biomedik di Universitas Nasional. Jadi, di Universitas Nasional itu peminatan Biologi Medik masuk ke dalam Prodi Fakultas Biologi.

      Terimakasih, mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman yang belum mengetahuinya.

      Salam

      Delete
  9. Salam kenal pak, saya mau tanya ke bapak, apakah dari tamatan D 3 anafarma bisa melanjutkan ke D 4 atau S 1 analis kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Pak Suparjan, setahu saya untuk melanjut ke D4 Analis Kesehatan tidak bisa, dikarenakan ruang lingkup Anafarma lebih sejalur dengan Farmasi. Tetapi, untuk memastikannya coba datang dan tanya langsung ke Poltekkes/Stikes/Univ yang bersangkutan. Terkadang ada institusi yang memang menerima alih jenjang seperti yang bapak maksud. Kalau untuk S1 Analis Kesehatan, setahu saya belum ada S1 Analis Kesehatan Pak di Indonesia, tetapi saya pernah mendengar untuk jenjang S1 Analis Kesehatan, tetapi itu masih dari 'katanya'.
      Terimakasih.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Salam kenal, BA
    Saya coba menanggapi permasalahan mas BA mengenai STR, yang perlu mas ketahui mengenai STR adalah contoh satu poinnya yaitu STR diberlakukan dalam sebuah organisasi profesi, dalam hal ini organisasi profesi analis kesehatan. Karena S1 dengan konsentrasi studi biomedik tidak memiliki organisasi profesi, maka STR itu tidak berlaku dalam jenjang kesarjanaan mas BA. Sederhanya seperti itu. Kemudian, mengenai masalah gaji yang disamakan dengan D3, hal tersebut tidak bisa saya tanggapi lebih jauh, tetapi hanya untuk gambaran saja bahwa, jika mas BA bekerja sebagai analis kesehatan tepatnya memang menggunakan ijazah D3 atau D4nya, karena yang diakui oleh profesi adalah ijazah dengan kualifikasi analis kesehatan, dan ranah S1 dengan konsentrasi studi biomedik sebenarnya sudah berbeda tetapi masih dalam ruang lingkup yang sama, yaitu kesehatan.

    Terimakasih, mudah-mudahan ada titik cerah dalam penjelasan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau tanya mas, kan lulusan biomedik termasuk tenaga kesehatan (UU 36 Tahun 2014 tentang tenaga kesehatan. kemudian prospek kerja lulusan biomedik juga terlibat di rumah sakit. bagaimana jika lulusan biomedik ingin bekerja di rumah sakit tapi tidak memiliki STR.

      Delete
    2. STR dikeluarkan oleh organisasi profesi. Biomedik belum merupakan organisasi profesi (sampai saat ini yang saya ketahui). Sehingga, jika ingin bekerja di rumah sakit menurut saya tidak memerlukan STR, seperti halnya orang Biologi yang bekerja di RS sebagai Peneliti. Tks.

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Saya lulusan d4 analis kesehatan universitas muhammadiyah semarang mau lanjut s2 kemana ya ? mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas BC bisa melanjutkan ke Univ. yang pernah saya sebutkan dalam balasan komentar mba ST diatas. Untuk dalam negeri, tambahannya dari D4 Analis Kesehatan dapat melanjutkan ke jenjang S2 di Univ. Airlangga, di Fakultas Pascasarjana, Prodi Imunologi.

      Terimakasih.

      Delete
  14. Selamat pagi pak..Saya lulusan d3 analis kesehatan kira2 jika saya ingin melanjutkan s1 kmna ya? karena kemungkinan saya tidak akan melanjutkan kerja di lab..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, mba RR
      Kelanjutan dari D3 Analis Kesehatan bisa dilanjutkan ke jurusan atau fakultas yang sudah saya sebutkan di atas atau beralih ke fakultas kimia atau profesi lain, yaitu Kesehatan Masyarakat (jika mba RR tidak ingin melanjutkan studi di jurusan atau fakultas yang meninitikberatkan laboratorium).

      Terimakasih.

      Delete
  15. Halo. Saya Amri. Saya sangat tertarik dengan tulisan ini..
    Yang ingin saya tanyakan jika dari D3 analis kesehata ke S1 biologi berapa semester yg diambil untuk bisa lulus sarjana?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, mas Amri
      Jika mas Amri melanjutkan ke Fakultas Biologi Univ. Nasional, ketika mendaftar transkrip akademik calon mahasiswa akan dikonversi, kemudian calon mahasiswa ybs diharuskan menyelesaikan sisa matakuliah yang belum dikonversi hingga memenuhi ketentuan jenjang sarjana, yaitu harus mencapai 144 SKS. Karena jenjang kesarjanaan bukan menggunakan sistem paket seperti D3, tetapi menggunakan sistem SKS, maka hal tersebut sesuai dengan SKS yang mampu mahasiswa ambil tiap semesternya sesuai ketentuan yang berlaku. Pada kebanyakan mahasiswa yang melanjutkan ke Fakultas Biologi Univ. Nasional, mereka menyelesaikan program alih jenjang dari D3 ke S1nya sekitar 3 semester, tetapi, ada beberapa yang samapai 4 semester atau bahkan lebih cepat, yaitu 2 semester.

      Terimakasih, mudah-mudahan tergambar jawaban saya.

      Delete
    2. Terimakasih sudah di respon pertanyaan saya. Sukses ya mas indra.. 😁

      Delete
    3. Sama-sama, selama saya mampu menjawabnya dan ada notifikasi ke email saya, insyaallah saya respon ☺

      Delete
    4. Mas. Mau nanya lagi. Kalo nanti sayaau mendaftar di Unas biomedik itu masuk kelas karyawan ya.? Bukan reguler.

      Terima kasih.

      Delete
    5. Iya, betul. Tapi jangan khawatir, kuliah dan tugas sama seperti reguler.

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
  16. apakah poltekkes bandung membuka DIV alih jenjang dari d3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut kabar yang beredar, Poltekkes Kemenkes Bandung akan membuka ekstensi dari D3 ke D4 jurusan Analis Kesehatan di tahun 2017 ini, tetapi ini kabar masih belum pasti juga. Mungkin menunggu kelulusan D4 yang dari SMA dulu di tahun 2017 ini, baru jurusan prodi D4 yang ada di Poltekkes Kemenkes Bandung semuanya dibuka.

      Delete
    2. Izin menjawab. Saya mahasiswa Poltekkes Bandung jurusan Analis Kesehatan. Program d4 ekstensi mulai dibuka tahun ini, dan untuk tahun ini pendaftarannya sudah ditutup. Semoga membantu

      Delete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. D3 analis kesehatan nyambung ke SKM sarjana kesehatan masyrakat , nyambung tidak??? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, mas ADA
      Mengenai nyambung atau tidak, itu tergantung dari sudut pandang mana, mas. Karena dari D3 analis ke S1 SKM itu alih jenjang, maka hal tersebut sudah jelas merupakan keilmuan yang berbeda dan juga merupakan organisasi profesi yang berbeda, namun masih dalam ruang lingkup "sama", dalam artian disini "sama" adalah masih dalam ruang lingkup kesehatan. Jika melihat dari sisi nyambung tersebut apakah maksudnya linier? Jelas juga tidak linier, karena dari D3 analis lebih linier ke D4 analis kesehatan.

      Terimakasih, mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan yang mas ADA tanyakan.

      Delete
  19. mas kalo dari s1 biomedik lanjut ke s2 lebih cocok lanjut ke s2 mana? Ada s2 biomedik? Apa bisa s1 biomedik lnjut ke ugm atau ptn negeri? Apa disaat pendaftaran s2 di ptn ijasah d3 kita dipertimbangkan (d3 analis) Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, BA
      Sebenarnya, untuk melanjutkan jenjang ke S2 dari S1 Biologi cukup luas, bisa ke Ilmu Kedokteran Dasar, Biologi, MIPA, Kimia, Farmasi, Biomedik, Ilmu Kedokteran Tropis, Bioteknologi, Ilmu Lingkungan, Imunologi, dan masih banyak lagi. Mengenai kecocokan tergantung dari pribadinya yang akan melanjutkannya jika menurut saya, kemudian mengenai S2 tidak dibatasi status Universitas S1 apakah S1 tersebut negeri atau swasta. Jadi mas BA jika ingin melanjutkan S2 bisa leluasa, apa mau melanjutkan ke Univ. negeri atau swasta.

      Untuk S2, yang diperlukan adalah ijazah S1, dan itulah yang menjadi pertimbangan untuk S2. Baik dalam hal kriteria jurusan yang diperbolehkan melanjutkan ke jenjang S2 ataupun dalam hal IPK.

      Terimakasih.

      Delete
  20. Selamat pagi pak, saya dari bali dan berencana untuk kuliah di poltekkes bali mengambil jurusan d3 analis kesehatan. Dan saya sebenarnya ingin S1, kemana saya harus melanjutkan? Apakah bapak ada info mengenai alis jenjang analis dibali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore, pilihan mengenai rencana saudara/i kuliah di D3 atau keinginan sebenarnya kuliah di S1 kembali lagi pada saudara/i. Apa yang nanti dipilih pastikan, enjoy dalam menjalaninya.

      Setelah saya bertanya kepada rekan saya yang di Bali, di Poltekkes Kemenkes Bali masih membuka sampai jenjang D3 saja. Tetapi, di luar itu (swasta) ada.

      Terimakasih.

      Delete
  21. Siang pak. Saya mau nanya apakah poltekkes Jakarta membuka DIV alih jenjang dari d3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, mas IM

      Mengenai hal tersebut, saya belum dapat info dari rekan-rekan alumna Poltekkes Jakarta III, mungkin mas IM bisa datang langsung ke jurusannya atau dapat dihubungi by phone.

      Terimakasih.

      Delete
  22. Salam kenal.
    Terimakasih mas indra yg sdh memberikan apresiasi buat rekan2 analis. Sy sdh baca runtut dr awal, byk pencerahan yg di dpt.

    Semoga menjadi ladang amal anda.

    Mohon info, utk s1 biomedik di jateng dan DIY adakah?

    Maturnuwun sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, NL
      Terimakasih juga sudah menyempatkan membaca.

      Aamiin, yaa Rabbal'alamiin..

      Kalau untuk daerah DIY, dsk saya belum mengetahui mengenai S1 konsentrasi Biomedik ada di Universitas mana.

      Terimakasih.

      Delete
  23. Sore pak
    Biasanya lulusan s1 biomed akan berkerja dimna?
    Apakah bisa di instasi rumah sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore, mba ND

      Jika ditanya biasanya dimana, saya tidak bisa memastikan lulusannya bekerja dimana saja, karena berbeda-beda memang. Bagi mereka yang memang masih senang menggeluti dunia laboratorium, biasanya mereka menekuni pekerjaan yang memang berhubungan dengan laboratorium. Tetapi, ada juga yang memang bekerja diluar itu, sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki. Ada yang menjadi pengajar pun ada. Karena S1 konsentrasi bimedik ini masuk dalam rumpun ilmu sains (biologi) dalam jenjang sarjananya.

      Untuk bekerja di rumah sakit pun bisa.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. Kalau di rumah sakit biasanya di bidang mana ya?
      Dan kalau boleh tau bpk sedang/pernah berkerja di bidang apa setelah lulus biomedik

      Delete
    4. Kalau biasanya dimana, saya tidak memantau di div. apa saja jika di rumah sakit, tetapi saya pribadi kemarin mencoba apply di div. Instalasi forensik, bisa.. "welcome" pihak RSnya.

      Saya sedang fokus untuk melamar sbg mahsiswa pascasarjana (master), mba setelah lulus biomedik.

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
  24. Saya akan kuliah di d3 analis kesehatan ? Untuk melanjutkan ke S1 biomedik membutuhkan berapa tahun ? Dan jurusan biomedik ada di univ mana saja ? Jika dibandingkan dengan kesmas prospeknya lebih bagus mana dgn biomedik ?
    Dan selain kesmas dan biomedik apakah kita bisa ambil teknik biomedic, jurusan S1 apa saja yang dpt kita ambil setelah lulus d3 analis ??
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, RMS

      Dalam pertanyaan ini saya hanya menjawab yang belum ditanyakan saja.

      Mengenai prospek kerja, menurut saya bisa dilihat dari kompetensi apa saja yang Anda miliki/yang tertera pada ijazah Anda.

      Menurut pengetahuan saya, teknik biomedik berbeda dengan biomedik, jadi dari D3 Analis Kesehatan sepertinya tidak bisa melanjutkan ke teknik biomedik. Tetapi, untuk lebih jelasnya dapat ditanyakan langsung kepada Univ. yang membuka program studi S1 teknik biomedik.

      Untuk jurusan apa saja yang dapat diambil untuk melanjutkan menuju jenjang S1, sepengetahuan saya ada beberapa Univ. dengan prodi S1 Kimia, S1 Biologi, S1 Analis Kimia, dan S1 Kesehatan Masyarakat.

      Delete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  26. apakah D4 analis kesehatan bisa lanjut s2 nya ingin ambil s2 dengn fakultas kedok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, mba N
      Ada beberapa Fakultas Kedokteran dengan Prodi Magister Ilmu Kedokteran Dasar. Contohnya, Univ. Padjadjaran.

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. maaf mau Tanya apakah dari d3 analis kesehatan bias melanjutkan ke jenjang s1 kimia, kalo bisa univ mana saja yang bisa?

    ReplyDelete
  29. Setahu saya bisa, contohnya di Universitas Jenderal Achmad Yani (Cimahi)

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. selamat sore pak, kalo s1 biomedik apa bisa disetarakan dengan profesi analisnya? saya denger2 patelki ingin buat profesi untuk analisnya (seperti perawat dengan ners).. nah dibandingkab dengan d4/kesmas mana yang lebih di utamakan pak? Makasi sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, mas BA
      Untuk kesetaraan mengenai jenjang/tingkat pendidikan biasanya diatur dalam Undang-Undang oleh pemerintah, sehingga dapat disimpulkan apakah keduanya setara/sejajar.
      Maksud dari lebih diutamakan itu seperti apa ya mas?

      Terimakasih

      Delete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  34. Selamat pagi mas, saya mau tanya kelanjutan kita jika sudah selesai si biomedik, ingin mengambil kedokteran dasar dimana ya mas? Dan apa nanti gelar kita? Apakah harus s2 biomedik dahulu baru bisa ambil kedokteran dasar atau bagaimana mas? Trimks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, AI
      Dari S1 Biologi bisa masuk ke banyak Universitas yang ada Prodi Ilmu Kedokteran Dasar (IKD), seperti Unpad, UGM, Unair, dan banyak lg Universitas negeri.

      Mengenai gelar, itu tergantung Universitas dimana lulus.

      Tidak harus, bisa langsung melanjutkan IKD tanpa harus melanjutkan ke Magister Biomedik dulu.

      Delete
    2. terimakasih ats tanggapan pak indra, jadi setelah lulus biomed, ngambil ikd itu dari s1 atau s2 pak? trimsk

      Delete
    3. Sama-sama..

      Setelah lulus S1 bisa lanjut ambil IKD.

      Delete
  35. Sy mau tnya kalo gelar sarjana biomed itu apa ya?

    ReplyDelete
  36. Kak apakah bisa dari lulusan jurusan analis kimia d3 menyambung ke s1 jurusan farmasi atau kedokteran?terima kasih atas perhatiannya ya kak ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari analis kimia - farmasi saya belum tahu, kalau ke kedokteran setahu saya tidak bisa.

      Ya sama-sama

      Delete
  37. Kak saya mau tanya, biasanya kalau lulusan biomedik itu ditempatkan dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana ya, mba saya tidak paham pertanyaannya..

      Delete
  38. Selamat pagi- saya kuliah di PTN yang ada di sumatera Jurusan D3 Laboratorium Sains, saya mau tanya apkah jurusan tersebut bisa lanjut ke DIV/S1 Biomedik? Dan jurusan apa yang kira-kira liner laboratorium sains? Terimas kasih atas perhatiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang,

      Kemungkinan untuk D4 Analis Kesehatan tidak bisa, dikarenakan biasanya persyaratan untuk melanjutkan adalah dari D3 Analis Kesehatan. Begitu pun dengan S1 Biomedik. Tetapi, untuk S1 Biomedik mungkin perlu ditanyakan ke Universitas yang bersangkutan, jika memang ada kesesuaian mungkin ada kemungkinan mas bisa melanjutkan ke S1 Biomedik, tentunya mungkin dengan jumlah konversi mata kuliah yang berbeda dengan mahasiswa yang dari lulusan D3 Analis Kesehatan.

      Terimakasih

      Delete
  39. Izin bertanya mas.. Sy d3 analis kes bekerja di bdrs rsud jiga sy melanjutkan kuliah s1 apakah ada pilihan prodi yg liner dgn pekerjaan sy? Menurut mas indra kl s1 biomedik apa mash bisa bekerja di lab rsud?
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  40. Menurut saya, jika mas ingin linier, mas bisa melanjutkan ke D4 Transfusi Darah, jika tujuan mas untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang Transfusi darah, tetapi jika mas bertujuan untuk meningkatkan jenjang karir, pilihlah Analis Kesehatan untuk bekerja di BDRS masih bisa, karena kompetensi Analis Kesehatan semenjak D3 juga sudah ada dalam bidang Bank Darah/Transfusi Darah.

    Menurut saya, mas juga masih bisa bekerja di BDRS karena banyak teman saya dari D1 Transfusi darah maupun dari D3 Analis Kesehatan yang bekerja di UTD PMI DKI mereka melanjutkan di S1 Biomedik dan setelah lulus masih bekerja di UTD tsb. Begitu pun mereka yang bekerja di Lab. RSUD banyak yang setelah lulus masih bekerja disana.

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum pa saya mau tanya kalau lulusan d3 analis kesehatan ingin melanjutkan ke s1 biologi murni bisa atau tidak? Jika bisa dimana? Dan jika melanjutkanya ke d4 analis dan nantinya akan melanjutkan s2 biomedik apakah bisa? Jika bisa harus ada penyetaraan dulu baru bisa lanjut s2 atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam hilary..
      Melanjut ke biologi murni bisa, tetapi biasanya ke universitas swasta. Coba mba cari informasi di Universitas Jenderal Ahmad Yani..
      Dari D4 ke S2 biomedik juga bisa.. sepengetahuan sy ada semacam matrikulasi dulu dari D4 ke S2 biomedik UI.. tetapi untuk tahun sekarang blm tahu apakah masih seperti itu atau tidak.

      Delete
  42. Kak mau tanya kalau pindahan dari fakuktas kedokteran itu bisa di transkrip gak nilainya kalau mau masuk ke s1 biomedik / DIV analis kesehatan/ Kemas ? Dan kalau ada di universitas mana ? Mohon bantuannya ya kak Terimakasih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk D4 analis kesehatan setahu sy jika pindahan itu tdk bisa.. karena untuk analis banyak praktikum yg tdk dpt dikonversi

      Tetapi untuk S1 biomedik sy blm tahu untuk pindahan.. ttp untuk alih jenjang (meneruskan) dari D1 transfusi darah atau D3 Analis kesehatan bisa

      Delete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Ka saya mau nanya nih dari d3 tlm ke s1 farmasi bisa ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, untuk ke farmasi tidak bisa.

      Delete
  45. Assalamualaikum Kak, mau tanya bisa lulusan dari D4 Analis Kesehatan lanjut ke dokter spesialis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam, Wr. Wb.
      Tidak bisa mba..

      Delete
  46. Ass kk.. Mau tanya bisa ngak dari D3 Analis kesehatan melanjutkan ke S1 teknik kimia? Kalau kk tau dan bisa menginformasikan kira2 di jambi dimana saya bisa melanjutkan S1 tersebut.. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam, Wr. Wb.
      Jika ke teknik kimia saya belum mengetahuinya, mba.. Yang saya tahu dari D3 bisa melanjutkan ke Kimia (di Bandung).

      Untuk di Jambi, mungkin mba bisa langsung menghubungi Universitas yang bersangkutan mengenai perihal tersebut.

      Terimakasih

      Delete
  47. Assalamualaikum. Ka ijin bertanya, saya sekarang kuliah di jurusan D3 analis kesehatan, orang tua saya suruh lanjut lagi ke s1. Minat saya di mata kuliah mikologi, sama parasitologi. Keinginan saya sih kalo nanti bekerja pengen di Loka litbang menganalisis vektor2 hehe. Kira2 saya lanjut D4 analis kesehatan apa S1? Terus kalo S1 jurusan nya ngambil apa yaa? Kesmas? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam, mba Dena..
      Mohon maaf baru bisa sy balas.

      Kalau menurut saya, pilihlah jurusan yang memang menunjang keilmuan yang dimiliki. Sekarang tiap Politeknik/Universitas memiliki 'Ke-Khas-annya' masing-masing, ke-khas-an disini yang sy maksud adalah tiap Politeknik/Universitas memasukkan mata kuliah yang menjadi unggulan dari Politeknik/Universitas tsb., yang kemungkinan tidak ada di Politeknik/Universitas yang lain.

      Jadi, silahkan telusur informasi lebih dalam lagi menurut mba, apakah D4 atau S1 yang sesuai dengan minat dan keinginan bidang keilmuan yang ingin dimiliki.

      Kalau S1, silahkan cari informasi mengenai mata kuliah terkait mikologi, apakah di Universitas tsb. ada dan kita dapat mengambil mata kuliah tsb?

      Jika sy, dulu di S1 Biomedik, saya mengambil lagi mata kuliah Mikologi, dan pada saat itu saya mendapat ilmu mengenai Mikologi cukup luas. Dan dosen PA sy kebetulan concern dalam bidang Jamur Kapang.

      Delete
  48. Assalamualaikum..
    Pak maaf sy mau minta saran ni..
    Sy S1 analis kesehatan mau lanjut S2 tp bingung jurusan yg cocok. Bisa minta saran gk? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf pak mau nanya. S1 biomed di indonesia ada dimana aja ya ? Apakah ada juga S1 analis kesehatan ? Kalau ada dimana ya pak ?

      Delete
    2. Untuk S2 banyak, silahkan baca jawaban dari komentar yang ada. Silahkan rencanakan minat ke arah mana.

      Delete
  49. Maaf pak saya mau tanya..Saya lulusan d3 analis kimia kira2 jika saya ingin melanjutkan s1 kmna ya? Kalau kemungkinan saya tidak akan melanjutkan kerja di lab, atau ingin melanjutkan kerja di lab..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan direncanakan minatnya kemana. Mengenai prospek bisa dibaca jawaban dari komentar yang sudah ada.

      Delete
  50. assalamu alaikum. pak sy mau nanya. apa bisa s1 biologi peminatan buomedic mengurus str. soalnya sy lagi bekerja di puskesmas sebagai tenaga lab.nya yg sekarang lagi persiapan akreditas. apa yang harus saya lakukan. mohon penjelasanay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai STR bisa ditanya kepada pihak DPP atau DPD ATLM, karena bukan porsi saya untuk menjawab ini.

      Delete
  51. Maaf Pak... Saya mau tanya... Saya kerja di PMI lulusan transfusi darah, berhubung yg kerja disini bykan analis kesehatan. Mungkin kita agak sedikit mirip, saya mau tanya kalo dari d1 transfusi darah ke s1 biomedik sejalur ga yah pak? Klo iya saya mau mengajukan tubel, sdgkan pemerintah maunya khan sejalur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, nambah sekitar 3 tahun. Banyak teman saya dari PMI Kramat Raya, Jakarta melanjutkan ke S1 Biomedik

      Delete
  52. Maaf pak, saya mau tanya kalau misalnya lulusan d3 analisis keshatan lanjut ke s1 farmasi bisa tidak pak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  53. Assalamualaikum ,pak saya mau nanya untuk lulusan s1 biomedik masih harus punya/perpanjang str atau engga ya?,mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumusaalaam, wr. Wb

      Tdk ada, karena bukan profesi.
      Tks.

      Delete
  54. Maaf mau nanya kalau S1 Kesehatan Masyarakat itu pakai STR tidak ya?. Terima kasih 🙏

    ReplyDelete
  55. Perihal Kesmas, sy tdk tahu, mungkin bisa ditanya kepada org di bidang kesmasnya.
    Tks.

    ReplyDelete
  56. Saya mau nanya kak jika kita lulus d4 analis setelah itu kita bisa lanjut kemana???. Saya pernah membaca katany lulusand4 analis bisa mengambil profesi apoteker apakah itu benar???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat membalas.
      Sampai saat ini saya belum pernah mendengar bisa mengambil profesi apoteker jika lulus dari D4 Analis.

      Delete
  57. Selamat sore pak saya mau bertanya,, saya lulusan dri D4 Analis kesehatan jika melanjutkan boehkan syaa ambil kedokteran atau S2 forensik ? Terima kasih

    ReplyDelete
  58. Selamat sore, maaf baru sempat membalas.
    Boleh, dulu saya mau daftar ke S2 Sekolah Forensik.

    ReplyDelete
  59. Assalamualaikum, saya mau bertanya pak, saya sekarang udah lulus D3 analis kesehatan, karena banyak yg saya dengar jika lanjut S2 dari D4 cuman sedikit univ/kampus yg terima. sekarang saya bingung pak saya punya target minimal S2 lah, ingin jadi dosen, mohon arahannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sedikit, tapi kembali lagi bagaimana mas menyikapinya. Ingin pilih yang mana? Dan bukan juga tidak ada universitas yang menerima dari D4 ke S2. Silahkan telusuri kembali, minat lebih ke mana. Jika ingin S2nya lebih banyak pilihan, ambil S1. Jika ingin menekuni analisnya silahkan ke D4 dulu. Sekarang juga sudah ada dari informasi yang saya dapat bahwa ada S2 TLM.
      Terimakasih semoga membantu.

      Delete
  60. Saya mau lanjut D4 apa atau S1 apa? Mohon arahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya balas, mohon maaf telat menjawab.

      Delete
  61. Setelah S1 biomedik S2 bagusnya k mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak pilihan, tergantung inginnya kemana. Semua ilmu bagus, tinggal bagaimana kita mendalaminya.

      Delete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Assalamualaikum pak. Saya mau tanya, sebenarnya lebih baik mana D3 atau D4 analis kesehatan? Kelebihan dan kekurangannya apa kalau boleh tau. Mohon bimbingannya. Terimakasih🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelebihan D4 tentu ilmu dan pengalaman yang didapat selama belajar lebih banyak karena jangka waktu studi yang lebih panjang.

      Kelebihan D3 jangka waktu lebih cepat.

      Silahkan diskusikan dengan orangtua atau teman/kerabat yang sedang atau sudah menjalani aktivitas kuliah, mungkin banyak saran lebih membantu.

      Tapi, jika dilihat di era sekarang, saya sarankan pilih langsung D4 saja.

      Delete
    2. Baik pak. Terimakasih atas sarannya🙏

      Delete
  64. selain biomedik ada lagi yg linier sg analis kesehatan ?? bisa tidak ke mirobiologi , yg tidak harus 4 tahun ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ditanya linieritas sulit untuk menentukan bidang tersebut linier atau tidak, jika secara keilmuan bisa dilanjutkan dan saling komplemen, bisa dilanjutkan ke Kimia atau Biologi

      Delete
  65. Assalamualaikum mas aku mau tanya nih, aku berkerja di BDRS lulusan D3 analis kesehatan rencana mau lanjut ke D4 transfusi darah kira-kira bisa gak yaaa ? Jika bisa butuh brpa smster yaa ? Dan dikampus mana mas yg mau menerima? Terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum mengetahui ada D4 transfusi darah sampai saat ini. Mohon maaf, setahu saya masih banyak D1 dan D3 juga masih jarang.

      Delete
  66. Assalamualaikum mas, saya mau nanya..
    Saya sekarang sedang menjalani pendidikan D4 TLM... Dan rencana sih klo sdah lulus saya pengen masuk lagi ke S1 kedokteran. Pertanyaannya apakah saya harus mengulang studi lagi, atau ada jalur yang bisa saya jalani biar tidak mengulang studi ? Atau mungkin tidak bisa sama sekali. Dan jika tidak bisa apakah bisa melanjutkan ke program magister kedokteran klinik. Mohon penjelasannya terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau S1 kedokteran, maka mulai dr semester 1 lagi. Jika untuk kedokteran klinik tidak bisa, karena biasanya harus S1 kedokteran. Tapi, jika ilmu kedokteran dasar atau magister ilmu biomedik bisa.

      Delete
  67. Asalamualaikum mas,saya mau tanya,saya ASN lulusan analis kimia yg kerja dilaboratoeium medik dirmh sakit,yg ingin sy tanyakan.
    1.bisa gak saya membuat str
    2.kira2 saya hrs melanjutkan kmn agar bisa tetap kerja dilaboratorium medik,trmksh..

    ReplyDelete
  68. Wa'alaikumussalam wr wb.
    Kalau perihal analis kimia, coba dikomunikasikan dgn profesi analis kimia, bagaimana untuk pengurusan str. Karena, setahu saya PATELKI merupakan profesi yang menaungi analis kesehatan (read: sekarang ATLM), bukan analis kimia. Jadi, jawaban 1, bisa jika mas mengurusnya di profesi analis kimia. Jika di PATELKI sepertinya tidak bisa.
    2. Coba dikomunikasikan dengan pihak terkait di tempat kerja, misal kepala lab. Apakah harus kuliah D3/D4 Analis Kesehatan/ATLM lg atau bagaimana? Atau boleh melanjutkan ke jurusan lain.

    Tks.

    ReplyDelete
  69. Salam mas, maaf mas saya baru tamat D3 analis kesehatan rencana mau lanjut lg, mau tanya kira2 jurusan apa yg cocok untuk melanjutkankan D4 atau S1? Dan di universitas mana saja Yg ada jurusan yg liner dgn analis kesehatan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dibaca balasan dari komentar di atas. Terimakasih.

      Delete
  70. Izin bertanya pak , apakah d3 analis kesehatan linear dengan S1 kimia

    ReplyDelete
  71. Pak,, kalo misalnya saya mau ambil jurusan biologi itu bagusnya ambil D3 Atau s1 yahh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya tidak ada biologi D3. Jadi lebih baik memilih S1.

      Delete
  72. Selamat pagi pak..saya tahun ini lulus D3 teknologi bank darah dan rencana akan melanjutkan ke S1 biomedik, pendidikannya berapa lama waktunya? selain di jkt untuk daerah jateng, jogja apakah ada jurusan ini? mohon infonya.. Terimakasih

    ReplyDelete
  73. Pak ,kalo dari d3 analisis kesehatan bisa lanjut ke s1 farmasi ga, pak?? Mohon dijawab sya pelajar sma yg masih amat bingung��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya tidak bisa. Harus ngulang dr awal S1 Farmasinya karena beda profesi

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pewarnaan Gram pada Bakteri

Materi Kuliah Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM)