Materi Kuliah Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM)

Halo, gaes.. setelah sekian lama saya tidak pernah nulis di blog ini, akhirnya saya mencoba menulis lagi. Walaupun sepertinya blog ini tidak aktif sebenarnya saya selalu memantau dan membalas komentar di postingan saya.

Terimakasih saya ucapkan untuk yang sudah mau berkunjung, walau sekedar iseng atau memang sedang mencari informasi. 

Buat kalian yang baru mau menentukan berkecimpung dalam dunia ATLM pastinya sedang mencari informasi seluas-luasnya ya kaan..?? agar gak salah langkah atau nantinya kecewa.. kok kuliahnya begini begitu? Oke, postingan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai materi apa saja yang akan dipelajari di kuliah ATLM.

Menurut saya pribadi, materi kuliah di ATLM itu ada matakuliah yang pokok dan pilihan. Matakuliah pokok biasanya menjadi bahan UKOM (Ujian Kompetensi) dan menjadi dasar keilmuan dalam bidang ATLM. Sedangkan matakuliah pilihan merupakan mata kuliah tambahan sebagai penunjang matakuliah pokok atau sebagai pengembangan bagi ATLM. Biasanya matakuliah pilihan menjadi keunggulan di masing-masing STIKES atau POLTEKKES di Indonesia ini. Tapi, walaupun saya bilang ada pembagian tersebut, tetap saja karena sistem menggunakan sistem paket, otomatis matakuliah-matakuliah tersebut baik yang pokok atau pilihan harus dipelajari karena sudah dipaket.

Saat ini, di beberapa STIKES dan POLTEKKES yang menjadi matakuliah unggulan terkait visi dan misi Program Studi biasanya adalah Manajemen Laboratorium, Biologi Molekuler, Penanganan Penyakit Tropis, Bioteknologi, Diagnostik Molekuler, dll.

Oh ya, apa sajakah yang menjadi matakuliah pokok di ATLM?
  1.  Kimia Klinik
  2.  Mikrobiologi
  3.  Hematologi
  4.  Parasitologi
  5.  Imunoserologi
  6.  Sitohistoteknologi
  7.  Toksikologi Klinik
Tujuh matakuliah tersebut biasanya diujikan dalam UKOM.

Sedangkan matakuliah lainnya, bisa dilihat di Channel Youtube iLAB, Link: https://www.youtube.com/watch?v=2Z8P1QgAM_4

Nah, itulah matakuliah-matakuliah yang akan dipelajari di TLM, gaes.. Gimana? Menarik bukan? :) Semoga dapat memberikan gambaran tentang profesi ATLM. Diluar itu ada matakuliah-matakuliah lain, seperti Etika Profesi, Media dan Reagensia, Anatomi Manusia, Patofisiologi, Statistik dan masih banyak lagi.

Oh ya, selain itu ketika semester/tingkat akhir, kalian harus melakukan penelitian sebagai bentuk Tugas Akhir dalam bentuk KTI (Karya Tulis Ilmiah) untuk D3 dan Skripsi untuk D4. Kemudian juga ada PKMD (Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa) di Desa-Desa biasanya 1-2 bulan tergantung STIKES atau POLTEKKES dan PKL (Praktik Kerja Lapangan) selama 3 bulan di Rumah Sakit Daerah Tingkat I.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

Kelanjutan D3 Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) (ex: Analis Kesehatan) ke S1 Biomedik

Pewarnaan Gram pada Bakteri